Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

Mahasiswa Bahasa inggris UWGM Samarinda wakili Indonesia dalam International Youth Leader Volunteering

 

Adalah Sari Wahyuni, Mahasiswa FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, berhasil untuk mengikuti program International Youth Leader Volunteering Batch III tahun 2019 di Johor Bahru Malaysia. Program tahunan dari International Youth Program ini hanya memilih 30 mahasiswa terbaik dari Indonesia sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dari 2876 pelamar sesuai dengan informasi pada halaman website https://iyprogram.com/iylv-chapter-3/.  

Kegiatan ini fokus pada pemgembangan generasi muda sebagai “Agent of Change” yang memiliki kemampuan Volunteering, brainstorming, conference, cultural exchange, company visit, university visit dan networking.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua minggu ini, Sari Wahyuni mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  dalam bidang sosial, kesehatan, kebudayaan dan pendidikan. Dirinya juga  belajar bagaimana meningkatkan soft skill dan life skill  dengan terjun langsung secara aktif dalam memberikan ilmu pengetahuan. Dalam kesempatan tersebut, tugas utama penerima beasiswa program ini adalah menanamkan nilai nasionalisme dan patriotism untuk anak-anak TKI yang ada di Johor Bahru, Malaysia.

Sari wahyuni sangat bersyukur dan merasa terhormat, karena dapat mengabdikan ilmu nya serta dapat mengenalkan keberagaman dan harmoni yang ada di Indonesia melalu program ini kepada peserta.  Program ini juga membuat dirinya dapat mendapatkan teman-teman baru.

Adapun fasilitas yang didapatkan dalam program ini meliputi transportasi, hotel, asuransi, makan, sertifikat, dokumentasi serta pembekalan selama dua hari di Kementrian Pemuda dan Olahraga.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Indonesia dapat mencetak generasi muda menjadi pemimpin yang memiliki wawasan global, memahami peran sebagai penerus genarasi bangsa sehingga dapat memberi kontribusi untuk membangun bangsa dan negara menjadi bangsa yang unggul.